Search This Blog

Empat Tahun Jokowi, Stabilitas Politik Tak Sampai Mendidih

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebut situasi politik di Indonesia sangat dinamis selama empat tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Namun menurutnya, situasi ini tak sampai mengancam keamanam negara.

Wiranto menyampaikan hal tersebut saat konferensi pers terkait 4 tahun pemerintahan Jokowi-JK yang digelar di kantor Kementerian Sekretariat Negara, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (25/10).

"Kita dapat merasakan stabilitas politik naik-turun, panas dingin, anget, tapi enggak sampai mendidih. Yang terpenting kan itu," kata Wiranto.


Berdasarkan laporan Global Law and Order pada 2018, Wiranto mengatakan Indonesia termasuk salah satu negara teraman di dunia. Indonesia menempati peringkat sembilan dalam skala dunia.

Selain itu, Wiranto juga menyebut bahwa index demokrasi Indonesia sejak 2009 hingga 2013 mengalami fluktuasi. Namun memasuki 2014 dan berlanjut ke 2015 index demokrasi mengalami kenaikan.

Pada 2016, kata Wiranto, index demokrasi Indonesia sempat mengalami sedikit penurunan. Ini karena ada beberapa tambahan indikator dalam penilaiannya.

Empat Tahun Jokowi, Stabilitas Politik Tak Sampai MendidihMenko Polhukam Wiranto menyatakan stabilitas politik Indonesia naik turun. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Selain itu hal tersebut juga dipengaruhi laporan pemberitaan terkait keterlibatan aparatur sipil negara dalam kegiatan politik praktis. Ada pula laporan penggunaan fasilitas pemerintah untuk kepentingan calon parpol tertentu dalam pemilihan.

"Dari 2015 sampai 2016 memang ada penurunan, karena ada tambahan indikator yang memang membuat ada penurunan. Karena dengan penambahan indikator ada satu kegiatan yang tidak bisa sekaligus kita netralisir," kata dia.

Akan tetapi, pemerintah tetap mengingatkan kepada ASN agar selalu bersikap netral.


Kemudian pada 2017, index demokrasi Indonesia kembali mengalami peningkatan, yakni sebesar 2,02 poin.

"Laporan berita keterlibatan PNS/ASN dalam kegiatan politik parpol dalam pemilihan yang lalu. Ini menggerus sedikit tapi pemerintah kali ini sudah memberin isyarat PNS jangan sampai menggunakan fasilitas-fasilitas untuk berkampanye, untuk berpolitik. Juga soal netralitas PNS terus digembar-gemborkan," kata Wiranto.

Ia juga mengklaim, kepercayaan publik terhadap pemerintah terus meningkat. Secara global Indonesia menempati peringkat pertama terkait hal ini. Ini berdasarkan riset yang dilakukan Gallup World Poll.

"Tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah itu sangat tinggi. Ada dua negara yang sama, yakni Swiss dan Indonesia tapi karena Indonesia lebih besar wilayahnya dan beragam, maka ditempatkan di peringkat 1," kata Wiranto.

(fhr/pmg)

Let's block ads! (Why?)

Baca lagi lanjutan nya https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181025134337-32-341382/empat-tahun-jokowi-stabilitas-politik-tak-sampai-mendidih

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Empat Tahun Jokowi, Stabilitas Politik Tak Sampai Mendidih"

Post a Comment

Powered by Blogger.